Tuesday, March 18, 2014

Know Your Video Files

Setiap user yang suka mendownload film apalagi serial tentu familiar dengan nama files yang aneh dan panjang.
Misalnya, the-vampire-diaries-s01e02-hdtv-lol atau the-originals-s01e010-DLBR-WebDL-480p sedangkan di movies misalnya, ManOfSteel-extended-BRrip-1080p-yify
Apa sih sebenernya maksud dari kata-kata atau kode-kode aneh itu?
Kali ini saya coba jelaskan maksud dari kode-kode tersebut.

Penamaan atau pemberian kode file tersebut adalah identitas dari file video. Dalam judul tersebut sebenarnya sudah tercantum source/sumber video, encoder serta resolusinya.  Jadi, kalau ingin mendapatkan file dengan kualitas bagus, jangan asal comot, tapi perhatikan nama files.

Penamaan Serial TV biasanya diawali dengan judul serial-nomor season dan episode-encoder-video source- lalu resolusi. Urutannya bisa beda, tapi selama kita kenal dengan kode-kode-nya tentu bukan masalah.
contoh files : the-originals-s01e10-DLBR-WebDL-480p
Penamaan diatas berarti serial The Originals-Season 1 Episode 10-encoder:DLBR-source:WebDL-resolusi:480pixel.
 
Hal berikut ini adalah yang paling penting, terutama buat pengunduh yang mencari serial dengan kualitas video yang bagus.
- Pertama perhatikan siapa encodernya
   Untuk serial TV nama-nama encoder yang sudah tak diragukan adalah : MRS (minishares.org), MM (Micromkv.com), DLBR, Nitro (300mbfilms.com), Excellence, Remarkable, Killers
   Untuk movies/film : NiTro, ScOrp (300mbunited.com), yify, ganool (ganool.com), Kings,
- Kedua perhatikan resolusinya.
  480p = height : ~480pixel - Width : ~720pixel
  720p = height : ~720pixel - Width : 900-1080pixel
  mSD = height : ~576pixel - Width : ~800pixel
  *Note : semakin besar pixel maka gambarnya semakin tajam (tidak pecah-pecah).
- Ketiga lihat source-video nya.
   HDTV : berasal dari rekaman serial yang sedang tayang, pake TiVo atau alat TV recording lain. Biasanya ada part-part yang terisi oleh black video tempat slot iklan saat tayang. Link yang pertama muncul biasanya bersumber dari sini.
  WebDL : berasal dari versi rilis web yang dikeluarkan oleh stasiun TV bersangkutan, kadang berisi extras atau tayangan tambahan (tapi extras ini jarang). WebDL ini biasanya 2-10 hari setelah episode tersebut tayang perdana.
  DVDRip/BluRayRip : berasal dari versi dvd atau bluray yang dikeluarkan resmi oleh stasiun TV atau production house. Ini paling lama muncul, biasanya baru dikeluarkan setelah season berikutnya mulai tapi kualitasnya paling bagus. Hasil cut untuk slot-slot iklan akan terasa lebih smooth dan sering kali disertakan scene-scene yang tidak masuk dalam on-air release atau yang disebut dengan uncut version.

Mark my word, tidak semua file yang size-nya besar berarti kualitasnya bagus.
Kenapa?

Kualitas files memang akan terlihat dari ukuran file, tapi bukan berarti setiap files besar memiliki kualitas yang bagus. Ukuran files ini akan berbeda di setiap jenis files-nya (ekstensi files). Beberapa ekstensi akan memiliki ukuran yang 2-3x lebih besar dari ekstensi lain untuk kualitas video yang sama. Apa yang membedakan ekstensi satu dengan yang lain adalah kemampuan kompresinya (menekan ukuran files).
Ekstensi file berbentuk video sangatlah banyak, di sini saya akan bicarakan ekstensi yang familiar di dunia pengunduhan film dan serial televisi. Ekstensi tersebut adalah .avi, .mp4, .mkv.
Saya adalah pengguna dan pecinta ekstensi .mkv karena video files dalam bentuk ini cukup kecil dibanding yang lain dan kualitasnya juga tidak mengecewakan. Ukuran file dengan ekstensi ini bisa separuh dari .avi. Ketika sebuah files dengan resolusi 480p untuk durasi 40menit pada .avi berkisar 350MB maka dengan .mkv bisa separuhnya, sekitar 150-170MB. Ini sangat cocok untuk pengunduh yang fakir kuota bandwidth atau fakir storage harddisk hehe.
Sementara untuk .mp4 juga tidak mengecewakan. Ukuran file-nya masih jauh dibawah .avi bisa separuhnya seperti .mkv. Pada beberapa kasus besaran file .mp4 bisa lebih besar tapi juga kadang lebih kecil dari .mkv hanya saja tidak terlalu jauh, sekitar 20-40MB untuk tayangan berdurasi 40menit.

Sementara untuk files jenis lain, saya sendiri jarang menggunakan. Akan tetapi pada intinya adalah memang banyak variabel yang menentukan kualitas sebuah video. Termasuk bitrate dan jumlah frame/detik, tapi itu untuk bahasan yang lebih mendalam. Untuk pengetahuan pengunduhan film/serial yang bisa nyaman dilihat (tidak sampai tahap memuaskan) saya rasa penjelasan saya sudah cukup. Encoder, resolusi dan ekstensi file, 3 hal itu sudah cukup menjadi guide pencarian file film/serial di dunia maya.

Well, selamat mencari, semoga post kali ini bisa bermanfaat.


1 comment:

sidig said...

Menurut saya encoder dgn kualitas paling ok PSA tp hanya x265.

Post a Comment