Monday, March 17, 2014

Subtitle Sync

Hal yang paling dikeluhkan dari pengguna subtitle adalah sinkronisasinya dengan video. Seringkali kita menemukan subtitle yang muncul terlalu cepat atau terlalu lambat. Ujung-ujungnya kita malah repot cari-cari subtitle yang sinkron dengan video yang kita punya. Hal kedua adalah ukuran subtitle yang terlalu kecil hingga sulit untuk dibaca atau terlalu besar sehingga mengganggu view tontonan. Well, sebetulnya nggak perlu seperti itu. Dalam beberapa player video, biasanya disertakan shortcut atau cara untuk menyinkronkan subtitle, bahkan audio. Di sini saya akan kasih tips sinkronisasi untuk beberapa player.

1. Gom Player
Ini adalah player favorit saya, memang agak-agak bapuk untuk urusan baca script subtitle terutama dengan ekstensi .ssa. Ini jadi favorit karena gampang di pake, cukup tekan Enter untuk full screen dan spacebar untuk play dan pause. Selain itu, fitur yang saya suka adalah shortcut sederhana untuk sinkronisasi (mempercepat atau memperlambat) kemunculan subtitle serta ukuran subtitle-nya. Untuk mempercepat atau memperlambat cukup tekan ( , = koma) atau ( . = titik). Sementara untuk memperbesar dan memperkecil ukuran subtitle cukup dengan Alt + PageUp atau Alt + PageDown.

2. MPC (Media Player Classic)
    Alternate Download
MPC ini memang aga ribet, atau karena memang saya nggak tahu shortcut-nya hehhee. Well, tapi ada caranya kok untuk menyinkronkan subtitle. Berikut langkahnya :
 1. Pastikan video dan subtitle sudah di play, trus pause. Karena kalo di stop, pilihan option pada subtitle-nya nggak akan muncul. Nah, pokoknya di play, klik PLAY di toolbar lalu sorot pilihan subtitle dan klik option.

2. Setelah klik option akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
Pada kotak Delay Interval, tambahkan atau kurangi angkanya untuk menyesuaikan kecepatan subtitlenya.

3.Untuk menyesuaikan ukuran font subtitle, klik Default Style dibawah tulisan Subtitle di sebelah kiri bawah dan akan muncul tampilan seperti berikut :

4. Rubah persentase skala x dan y untuk merubah ukuran font.

Pada tampilan di atas kita juga bisa merubah bentuk font-nya, cukup dengan klik tulisan font dan pilih font pengganti yang diinginkan. Selain itu kita juga bisa merubah warna serta margin/posisi dari subtitlenya, silakan coba-coba sendiri hingga menemukan settingan yang cocok.

3. VLC Player
VLC bisa jadi pilihan player lain yang bisa melakukan sinkronisasi subtitle. Caranya adalah :
1. Pastikan video sedang berjalan dan subtitle sudah di load. Setelah itu pilih TOOLS pada toolbar dan sorot Track Synchronization seperti gambar dibawah ini.


2. Setelah itu akan muncul tampilan berikut :


3. - Untuk mempercepat atau memperlambat subtitle agar sesuai dengan audio dan video, rubah angka pada "Advance of subtitle over video."
    - Untuk mempercepat atau memperlambat durasi subtitle, rubah angka pada "Speed of the subtitle"
    - Untuk audio yang tidak sync dengan video, rubah angka pada "Advance of audio over video"
4. Jangan lupa untuk pencet refresh.

NOTES :
Merubah settingan seperti di atas hanya merubah tampilan subtitle pada player, ketika film sudah di close dan suatu saat kita ingin menonton ulang, maka kita harus merubah setting pada player seperti sebelumnya.
Jika ingin merubah timing subtitle secara permanen, maka tools yang harus digunakan adalah software-software pembuat subtitle. Nah untuk yang satu ini, kita bahas lain kali hehe.

Sekian tips-nya, semoga membantu.

No comments:

Post a Comment